Tips Persiapan Studi di Luar Negeri yang Tidak Boleh di Abaikan

Tips Persiapan Studi di Luar Negeri

Tips Persiapan Studi di Luar Negeri-Studi di luar negeri sambil melanjutkan pendidikan merupakan peluang berharga, sebuah petualangan untuk menambah pengetahuan dan memahami kebudayaan di negara yang dikunjungi. Namun, keputusan untuk menghabiskan bertahun-tahun di negara orang bukanlah langkah yang mudah, karena ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk memesan tiket pesawat.

Berikut adalah empat hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan sebagai bagian dari persiapan belajar di luar negeri:

1. IELTS (International English Language Testing System)

IELTS merupakan persyaratan wajib yang harus dipenuhi, yang berarti calon mahasiswa harus mengikuti dan lulus dengan nilai standar yang telah ditetapkan oleh universitas pilihan mereka. Penilaian melibatkan kemampuan membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara dalam bahasa Inggris sebagai bukti bahwa mahasiswa memiliki kemampuan yang memadai untuk mengikuti perkuliahan di negara tersebut. Sebagian besar universitas di Inggris mensyaratkan skor IELTS antara 5.5 hingga 7, namun disarankan untuk mengonfirmasi skor minimal yang diperlukan oleh universitas sebelum mengikuti tes.

2. Academic English

Bahasa Inggris akademis sedikit berbeda dari bahasa sehari-hari atau bahasa yang biasa digunakan dalam film. Bahasa Inggris akademis bersifat formal dan memiliki aturan khusus, terutama dalam penulisan esai, analisis teks, pembuatan laporan, dan sebagainya. Disarankan untuk mempertimbangkan mengikuti kursus Bahasa Inggris akademis atau program yang sesuai agar persiapan akademis semakin matang.

Tips Persiapan Studi di Luar Negeri

3. Lokasi Universitas

Lokasi universitas akan memberikan pengalaman hidup yang berbeda selama masa studi di luar negeri. Universitas yang terletak di pinggir kota akan memberikan pengalaman berbeda dengan universitas di kota besar. Pertimbangkan juga biaya hidup, ketersediaan tempat hiburan, dan pilihan restoran sebelum memutuskan lokasi universitas.

4. Tempat Tinggal

Pilihan tempat tinggal dapat dipengaruhi oleh ketersediaan finansial, namun tetap memberikan beberapa opsi. Mahasiswa dapat tinggal di asrama kampus, berdua dengan teman yang sudah ditentukan oleh kampus, tinggal sendiri di apartemen, atau menyewa rumah bersama teman-teman. Apapun pilihan tempat tinggalnya, mahasiswa harus siap untuk melakukan tugas-tugas rumah tangga sendiri, mengingat bantuan rumah tangga tidak umum di Inggris.

Dengan memperhatikan tips di atas, diharapkan studi di luar negeri dapat menjadi pengalaman sekali seumur hidup yang akan membentuk pribadi sebagai pelajar dan profesional. Semoga Beranfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *